Informasi PMB Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
Jalur masuk pada perguruan tinggi merujuk pada berbagai mekanisme atau cara yang disediakan oleh perguruan tinggi untuk menerima mahasiswa baru. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa jalur masuk yang tersedia di Universitas Setia Budhi Rangkasbitung:
- SMA/Sederajat : menerima mahasiswa baru dengan latar belakang lulusan : SMA/SMK/MA/Paket-C baik lulusan sekolah negeri maupun swasta.
- Transfer/Konversi : menerima mahasiswa pindahan dengan latar belakang lulusan SMA/SMK/MA/Paket-C baik lulusan sekolah negeri maupun swasta namun sebelumnya sudah kuliah pada perguruan tinggi di seluruh indonesia maupun dunia yang dibuktikan terdaftar pada PDDikti ataupun dibuktikan dengan surat penyetaraan pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Masing-masing jalur masuk memiliki persyaratan dan prosedur yang berbeda, sehingga calon mahasiswa perlu memahami dan mempersiapkan diri sesuai dengan jalur yang diminati.
SMA/Sederajat – Kelas Reguler Gelombang #1
SMA/Sederajat – Kelas Reguler Gelombang #2
SMA/Sederajat – Kelas Reguler Gelombang #3
SMA/Sederajat – Kelas Karyawan
Transfer/Pindahan – Kelas Reguler dan Kelas Karyawan
Biaya Kuliah Kelas Reguler (Weekdays)
Catatan :
- Biaya Daftar ulang adalah gabungan biaya dari PKKMB + DSP 50% + SPP 50% + Heregistrasi + Kemahasiswaan.
- Biaya Praktikum : Rp. 250.000/Semester Khusus Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Jumlah Biaya Daftar Ulang akan berbeda-beda tergantung program studi yang dipilihnya.
- Biaya Total Semester I adalah biaya yang dibebankan hanya di semester I.
- Pembayaran yang dapat dicicil adalah SPP dengan skema 3 kali cicilan, cicilan ke-1 50% dibayarkan saat Daftar Ulang, cicilan ke-2 25% dibayarkan sebelum UTS, dan cicilan ke-3 25% dibayarkan sebelum UAS.
Biaya Kuliah Kelas Karyawan (Weekend)
Catatan :
- Biaya Daftar ulang adalah gabungan biaya dari PKKMB + DSP 50% + SPP 50% + Heregistrasi + Kemahasiswaan.
- Biaya Praktikum : Rp. 250.000/Semester Khusus Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Jumlah Biaya Daftar Ulang akan berbeda-beda tergantung program studi yang dipilihnya.
- Biaya Total Semester I adalah biaya yang dibebankan hanya di semester I.
- Pembayaran yang dapat dicicil adalah SPP dengan skema 3 kali cicilan, cicilan ke-1 50% dibayarkan saat Daftar Ulang, cicilan ke-2 25% dibayarkan sebelum UTS, dan cicilan ke-3 25% dibayarkan sebelum UAS.
Biaya Kuliah Semester II-VIII : Kelas Reguler dan Karyawan
Catatan :
- Jumlah Biaya Semester adalah gabungan SPP + Heregistrasi + Kemahasiswaan [Lihat tabel kelas reguler dan atau kelas karyawan di atas]
- Khusus Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan ada Biaya Praktikum Rp. 250.000,-/semester.
- Pembayaran yang dapat dicicil adalah SPP dengan skema 3 kali cicilan, cicilan ke-1 50% dibayarkan saat Registrasi ulang/masa KRS, cicilan ke-2 25% dibayarkan sebelum UTS, dan cicilan ke-3 25% dibayarkan sebelum UAS.
- Selain SPP, dibayarkan diawal sebelum perkuliahan dimulai [masa registrasi ulang/Kontrak Studi]
Biaya Lain-Lain : Kelas Reguler dan Karyawan
Catatan :
- Jumlah Biaya Daftar Ulang akan berbeda-beda tergantung program studi yang dipilihnya.
- Biaya Total Semester I adalah biaya yang dibebankan hanya di semester I.
- Pembayaran yang dapat dicicil adalah SPP dengan skema 3 kali cicilan, cicilan ke-1 50% dibayarkan saat Daftar Ulang, cicilan ke-2 25% dibayarkan sebelum UTS, dan cicilan ke-3 25% dibayarkan sebelum UAS.
———–
- Pembayaran dilakukan secara Tunai/Cash dan Transfer melalui Rekening Bank BRI No. 008 001 00337 0307 an. Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
- Pembayaran secara transfer wajib konfirmasi pembayaran dengan cara mengirimkan bukti pembayaran/screenshoot dengan menyertakan ID Pendaftar, Nama, dan Prodi pilihan dan mengirimkannya melalui nomor whatsapp berikut : +62821-1700-1185 an. Pak Henry (Bagian Keuangan)
————
- Khusus Penerima KIP, ketentuan di atas akan disesuaikan dengan kebijakan keuangan Universitas Setia Budhi Rangkasbitung.
Berkas Persyaratan Daftar Ulang
Pada tahapan pendaftaran peserta tidak perlu mengumpulkan berkas persyaratan apapun sampai setelah dinyatakan LULUS/Diterima sebagai Mahasiswa di Universitas Setia Budhi Rangkasbitung.
Jalur Masuk SMA/Sederajat
- KTP / Surat keterangan domisili dari desa/kelurahan
- Kartu Keluarga
- Ijazah Terakhir / Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal
- Pas foto ukuran 4×6 berwarna menggunakan seragam/kemeja dengan latar merah
- Surat pernyataan kesanggupan pembiayaan : Download format surat
Jalur Masuk Transfer/Pindahan
- KTP / Surat keterangan domisili dari desa/kelurahan
- Kartu Keluarga
- Ijazah Terakhir / Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal
- Pas foto ukuran 4×6 berwarna menggunakan seragam/kemeja dengan latar merah
- Surat Pindah dari Perguruan Tinggi Asal
- Transkrip Nilai / Transkrip Nilai Sementara dari PT Asal
- Screenshoot terdaftar di pddikti.kemdikbud.go.id
- Surat pernyataan kesanggupan pembiayaan : Download format surat
Tata Cara mengumpulkan Berkas Persyaratan
- Offline : Peserta mengantarkan berkas persyaratan secara langsung ke ruang Pusdainfo Lt. 2 Gd. FKIP Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
- Jasa Pengiriman : Peserta dapat mengirimkan berkas persyaratan dengan menggunakan jasa kurir pilihannya. Adapun rincian alamat yang wajib dituliskan pada alamat pengiriman adalah sbb,
————————-
Alamat Pengiriman :
Berkas PMB an. …….
Ditujukan kepada Panitia PMB Universitas Setia Budhi Rangkasbitung,
Jl. Budi Utomo No. 22L, Rangkasbitung, Lebak, Banten – 42314
Cq. Kantor Pusdainfo Lt. 2 Gd. FKIP USBR
Kontak : 08998660770