Demi Terwujudnya Pembangunan di Kabupaten Lebak, STISIP Setia Budhi-DPMD Tekan MoU

Dok. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak yang diwakili oleh Kepala Dinas Drs. H. Babay Imrony, M.Si dan Dr. Harits Hijrah Wicaksana, S.Sos., M.Si selaku Ketua STISIP Setia Budhi menunjukkan bukti Memorandum of Understanding yang sudah ditandatangani pada Senin (9/1/2023).

RANGKASBITUNG, STISIPSB – Dalam rangka mendukung dan mengembangkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) di Kabupaten Lebak, sekaligus meningkatkan pemahaman dan kecerdasan sumber daya manusia.

Di samping itu, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak telah menekan kerja sama di sektor pendidikan dan pemerintahan pada Senin (9/1/2023) di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak.

Dalam hal ini, kerja sama yang dilakukan tentu untuk meningkatkan kohesivitas antara satuan kerja perangkat daerah dan lembaga pendidikan, agar dapat mencapai misi yang selama ini diharapkan. Sebelumnya, STISIP Setia Budhi telah melakukan upaya kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak.

Dengan kata lain, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang sudah dilakukan sebelumnya dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak.

“Sebagai perpanjangan tangan, kita mengejawantahkan apa yang disampaikan pimpinan kami melalui peraturan-peraturannya, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ini sebetulnya sudah mengajak jalinan kerja sama ini dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak Babay Imrony, Senin (9/1/2023).

Menurut dia, pemerintah sudah menyediakan bantuan agar para aparatur atau perangkat desa dapat melanjutkan studi ke pendidikan tinggi.

Selama ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa sudah melaksanakan sejumlah kerja sama. Akan tetapi, kerja sama yang dilakukan dengan sejumlah Perguruan Tinggi lain, yang berada di luar Kabupaten Lebak.

Pada saat yang sama, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi selama ini juga sering menjalin kerja sama dan memperoleh kepercayaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak.

Hal ini terafirmasi dari kontribusi yang telah dilakukan, seperti penyusunan naskah akademik maupun ihwal lainnya.

Harits Hijrah Wicaksana sebagai Ketua STISIP Setia Budhi juga mengatakan bahwa selama ini sudah melakukan sejumlah kerja sama yang secara gradual sudah berjalan.

“Setiap tahun, kami juga sering sinkronisasi program kerja antara STISIP Setia Budhi dengan sejumlah SKPD yang sudah menjalin kerja sama untuk mencapai target pemerintah selama ini, seperti yang tecermin pada Praktik Kerja Mahasiswa (PKM) STISIP Setia Budhi,” kata Harits Hijrah Wicaksana saat dikonfirmasi pada Senin (9/1/2023).

Menurutnya, beberapa bulan yang lalu, STISIP Setia Budhi juga telah mengerjakan atau membantu Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak dalam melakukan survei uji petik dan retribusi.

Keberadaan institusi pendidikan, terutama STISIP Setia Budhi kini kehadirannya telah membantu Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan pembangunan. Dengan demikian, kolaborasi ini tentunya sangatlah esensial dan inheren dalam sektor pembangunan.

Facebook Comments
Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.