Praktek Kerja Mahasiswa STISIP Setia Budhi 2022-2023 Fokus pada Penguatan Nilai-Nilai Ideologi Pancasila di Kabupaten Lebak

Ketua STISIP Setia Budhi saat membuka dan melepas para peserta Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) STISIP Setia Budhi 2022-2023/Humas STISIP Setia Budhi

Lebak – Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi Rangkasbitung dilakukan secara reguler, yang akan diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari dua program studi, yaitu ilmu administrasi negara dan ilmu pemerintahan. Pada saat yang sama, dari kedua program studi ini, Praktek Kerja Mahasiswa telah diikuti oleh puluhan mahasiswa-mahasiswi.

Dosen pembimbing dan para peserta PKM sesuai kelompok yang sudah terdistribusi dalam setiap desa di Kecamatan Curugbitung/Humas

Dalam hal ini, kegiatan dalam konteks pengabdian kepada masyarakat ini sering dilakukan oleh STISIP Setia Budhi setiap tahunnya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Namun, pada tahun 2022 ini lokasinya akan digelar di salah satu kecamatan di Kabupaten Lebak, yakni, Kecamatan Curugbitung.

Selama proses pembukaan dan pelepasan Praktek Kerja Mahasiswa ini juga dibuka dan dilepas secara eksklusif oleh Ketua STISIP Setia Budhi dan diikuti oleh para pimpinan lainnya. Pembukaan dan pelepasan ini digelar pada Sabtu (3/12/2022) di kampus STISIP Setia Budhi.

Di samping itu, kegiatan ini juga dilakukan pelepasan secara simbolis oleh STISIP Setia Budhi kepada pimpinan di aras kecamatan, tepatnya kepada Bapak Camat Curugbitung pada Senin (5/12/2022). Sementara itu, Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) memiliki tajuk yang berfokus pada penguatan nilai-nilai ideologi Pancasila dan menciptakan ekosistem yang ramah terhadap anak.

Dengan kata lain, berupaya concern untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan iklim kabupaten layak anak.

Jadi, STISIP Setia Budhi juga di satu sisi melakukan kerja sama bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lebak.

“Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) ini melibatkan pihak-pihak lainnya, seperti dari Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan DP3AP2KB Kabupaten Lebak,” kata Harits Hijrah Wicaksana sekaligus Ketua STISIP Setia Budhi saat dikonfirmasi pada Sabtu (3/12/2022).

Dr Harits Hijrah Wicaksana, S.Sos., M.Si, saat memberikan pembekalan kepada para peserta/Humas.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan berbagai hal yang selama ini sudah dipelajari dan tibalah waktunya untuk dilaksanakan secara realitas sosial yang ada.

“STISIP Setia Budhi akan selalu komitmen membantu pemerintah dalam melaksanakan misinya, terlebih STISIP Setia Budhi selalu dipercaya untuk terlibat secara proaktif dalam pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Lebak,” sambungnya.

Kegiatan Praktek Kerja Mahasiswa ini dilaksanakan di beberapa desa yang terletak di wilayah Kecamatan Curugbitung, seperti Desa Sekarwangi, Desa Curugbitung, Desa Lebakasih, dan Desa Guradog.

Sebagai informasi, kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu bulan. Selain itu, seperti yang telah diamati, tampaknya mahasiswa-mahasiswi yang akan mengikuti kegiatan Praktek Kerja Mahasiswa ini juga telah dibekali sebelum mereka terjun ke dunia riil.

Hal ini terlihat secara kasat mata saat ada ekspos program kerja, yang disesuaikan dengan kompetensi, karakteristik daerah, dan nilai-nilai kearifan lokalnya.

Facebook Comments
Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.