Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 Jatuh Pada 3 April 2022

Lebak – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu pertama di bulan April ini, yakni Minggu, 3 April 2022. Keputusan penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini juga mengafirmasi penanda awal ibadah puasa.

Dalam kaitan tersebut, penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini juga merupakan hasil dari sidang isbat yang sudah dilakukan oleh Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi Islam pada Jum’at (1/4/2022) sore.

Kemudian, Menteri Agama tampak yang memimpin sidang isbat ini juga menyampaikan hasil sidang isbat yang sudah digelar ini.

“Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Ini hasil sidang isbat yang disepakati bersama,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Pada saat yang sama, Gus Yaqut sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa dari sejumlah titik pantauan hilal, tidak ada satu pun yang melihat hilal. Oleh karena itu, 1 Ramadhan 1443 ini jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022. Dengan demikian, menurut informasi, titik pantauan hilal dilakukan di 101 titik

Sebagai informasi, sidang isbat ini juga melibatkan berbagai peserta dari lembaga-lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Di samping itu, diikuti oleh LAPAN, BMKG, dan sebagainya.

Facebook Comments
Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.