Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Keluarkan Surat Edaran Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka 2021-2022

Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi telah mengeluarkan keputusan mengenai pembelajaran tatap muka, sebagaimana yang sudah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka. Surat Edaran tersebut ditunjukkan kepada pimpinan perguruan tinggi dan sejumlah lembaga, yakni, Rektor Universitas/Institut, Ketua Sekolah Tinggi dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Surat Edaran tersebut telah dikeluarkan sejak Senin (13/9/2021).

Dalam menghadapi berbagai persoalan di dunia pendidikan, terlebih di era merambahnya transmisi Covid-19 di Indonesia, telah membuat lembaga-lembaga terkait sedari awal sudah memiliki komitmen dalam menangani permasalahan tersebut. Seperti 4 (empat) lembaga kementerian, dalam hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Bahkan, komitmen itu dilegitimasi oleh adanya kebijakan yang telah diterbitkan oleh keempat kementerian tersebut, yang sudah termaktub dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Sementara itu, dalam rangka pembelajaran secara tatap muka terbatas di tengah pandemi, mulai semester gasal tahun akademik 2021-2022, tetap menerapkan protokol kesehatan, dan/atau pembelajaran daring. Lebih lanjut, dalam surat tersebut juga ditekankan agar penyelenggaraan pendidikan harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan) serta masyarakat sekitarnya.

Dalam rangka menyelenggarakan pendidikan secara tatap muka terbatas, ada berbagai aspek yang harus dipatuhi dan dipenuhi, baik perkuliahan, pratikum, studio, praktik lapangan, maupun bentuk pembelajaran lainnya. Perguruan tinggi harus memenuhi berbagai elemen, seperti, persiapan, pelaksanaan, dan pemantauan. Di mana masing-masing dari elemen tersebut, memiliki beberapa poin penting yang harus dicermati oleh seluruh komponen warga kampus. Hal ini diperlukan untuk memutus mata-rantai Covid-19 di Tanah Air.

PDF Embedder requires a url attribute PDF Embedder requires a url attribute PDF Embedder requires a url attribute
Facebook Comments
Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *