Memahami Kampus Merdeka

Foto: Logo Kampus Merdeka, Indonesia Jaya (lldikti10.ristekdikti.go.id)

Lebak – Salah satu transformasi yang hendak diciptakan dalam tatanan dunia pendidikan adalah dengan menghadirkan pembaharuan-pembaharuan yang sesuai dengan peradaban kontemporer, tanpa meninggalkan nilai-nilai yang sudah terkandung dan terbukti dalam mengembangkan aspek pendidikan. Seperti yang sudah diketahui, pemerintah telah memiliki sebuah konsep, meminjam istilah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yang menyebutnya sebagai ‘Kampus Merdeka, Indonesia Jaya’.

Kemudian, pelbagai komponen tampaknya masih mengalami kebingungan hal ihwal mengenai konsep pendidikan Kampus Merdeka, Indonesia Jaya ini. Pada dasarnya, dalam konsep pendidikan yang diusung dalam ‘Kampus Merdeka, Indonesia Jaya’ ini adalah suatu program persiapan karier yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia. Lebih lanjut, seperti yang telah dilansir dari laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ mengatakan bahwa Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekonologi Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Konsep pendidikan yang bertajuk, Kampus Merdeka, Indonesia Jaya, memiliki sejumlah program, di antaranya ada yang sedang dalam proses pembukaan dan yang akan dibuka. Dalam bahasa lain, ada program yang sedang berjalan dan ada pula program yang akan dibuka. Di satu pihak, program yang sedang berjalan, di antaranya, yaitu, Kampus Mengajar, Magang, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dan Studi Independen. Di lain pihak, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia juga akan membuka program lainnya, seperti, Indonesian International Student Mobility Awards, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, dan Wirausaha. Secara umum, program tersebut untuk sementara masih memiliki 9 (sembilan) program, termasuk program yang akan dibuka.

Kegiatan dalam Kampus Merdeka, Indonesia Jaya tentunya memiliki sejumlah dampak yang sangat baik untuk perkembangan kapasitas dan kompetensi diri, misalnya, dapat melakukan kegiatan praktik di lapangan akan dikonversi menjadi SKS, eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester, belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal, dan menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka.

Lantas, bagaimana cara registrasi dan membuka akun di aplikasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat dicek di laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/.

Facebook Comments
Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *