Rangkaian Acara Pengabdian Masyarakat STISIP Setia Budhi Rangkasbitung

STISIP Setia Budhi Rangkasbitung melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diejawantahkan dalam kegiatan bakti sosial, FGD (Foccus Group Discution) bersama Kepala Desa dan Tokoh Desa Hariang, serta turut serta dalam rangkaian kegiatan “Leuwi Larangan” yang diadakan di Desa Hariang Kecamatan Sobang.

Dalam kesempatan ini rombongan civitas akademika STISIP Setia Budhi Rangkasbitung dikomandoi langsung oleh Dr. Harits Hijrah Wicaksana, S.Sos.,M.Si sebagai Ketua didampingi oleh Wakil Ketua Lebak Institute Muhamad Iyos Rosyid, SP, Direktur Eksekutif BIGS Millenial Ahmad Daelami, S.Sos dan Direktur Cipta Sarana Grafika Bandung Saiful.

Serah terima Bantuan kepada Kepala Desa Hariang, Ibu Nani Ristiani dan Ustadz Hasan Basar

Rangkaian selama 2 hari yang berlangsung sejak tanggal 15 sampai dengan 16 Maret 2020 ini dibuka dengan Focus Group Discussion bersama dengan Kepala Desa dan Tokoh desa, dimana dalam FGD tersebut disepakati beberapa hal terutama pengembangan pariwisata Desa Hariang kedepan yang menggandeng STISIP Setia Budhi Rangkasbitung sebagai pakar akademik dalam pengelolaan pariwisata nantinya. Kemudian pada hari kedua tepatnya pada tanggal 16 Maret 2020 dilakukan kegiatan Bakti Sosial, dimana STISIP Setia Budhi Rangkasbitung dan rekanan lainnya memberikan bantuan bagi kelompok pengajian anak-anak yang dipimpin oleh Ustadz Hasan Basar, berupa Karpet Sholat, Karpet Mengaji, alat tulis, Iqro dan Al-Qur’an. Hal ini dilakukan sebagai bentuk nyata ketulusan dari civitas akademika dan rekanan yang bekerjasama untuk berbagi dengan sesama, dan akan dilakukan kembali kepada daerah-daerah khususnya di Kabupaten Lebak yang memang membutuhkan, begitu menurut penuturan Ketua STISIP Setia Budhi Rangkasbitung Dr. Harits Hijrah Wicaksana, S.Sos.,M.Si.

Bersama anak-anak pengajian penerima sumbangan

Untuk kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah kegiatan ngajala bersama dengan warga Desa Hariang Kecamatan Sobang dan peserta Ngajala. Rangkaian acara yang ada di Desa Hariang Kecamatan Sobang ini adalah sebuah kearifan lokal yang perlu dijaga dan juga bisa dikembangkan sebagai objek wisata berbasis kearifan lokal di Kabupaten Lebak khususnya, ditambah dengan pemandangan alam dan beberapa lokasi yang masih bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata seperti goa sangiang dan pemandangan alam yang masih sangat asri.

Civitas Akademika STISIP Setia Budhi Rangkasbitung menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DPRD Kabupaten Lebak, DPD HA IPB Banten, Lebak Institute, BIGS Millenials dan CV. Cipta Sarana Grafika Bandung yang telah turut serta menjadi rekanan kegiatan. Tidak lupa kepada Banten Raya, Berita Juang, dan Biem.co yang telah menjadi partner media dalam kegiatan ini.

Facebook Comments
Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *